Minggu, 13 Februari 2022

Efek Compounding: Pengertian & Strategi Investasinya

 

Coumpounding dalam Investasi

Bagi Anda yang sudah sering melakukan investasi saham, baik saham lokal seperti di BEI atau saham luar negeri seperti di US Stock Market, mungkin sudah sering mendengar istilah efek compounding. Apakah itu? 

Pengertian Efek Compounding

Efek compounding merupakan sebuah kemampuan dari satu aset, yang mana aset tersebut bisa menghasilkan keuntungan. Nantinya, keuntungan yang dihasilkan bisa digunakan untuk berinvestasi lagi sehingga menghasilkan keuntungan lainnya. Singkatnya, efek ini merupakan  cara untuk menghasilkan keuntungan dengan menggunakan keuntungan sebelumnya sebagai modal.

Efek ini juga dikenal dengan istilah bunga bergulung. Alasannya karena bunga yang Anda dapatkan dari investasi sebelumnya digunakan kembali untuk berinvestasi, baik pada instrumen yang sama atau berbeda. Tujuanya adalah menghasilkan bunga lainnya.

Strategi Investasi dengan Metode Efek Compounding

Ada beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk Anda yang tertarik berinvestasi dengan metode efek compounding, di antaranya:

1. Mulai Sedari Dini

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan jika tertarik investasi dengan efek compounding adalah melakukan investasi sedini mungkin. Sebab, pengaruh efeknya sendiri akan semakin signifikan jika Anda memulai investasinya lebih cepat. Untuk itu, jangan tunda lagi untuk berinvestasi agar mendapatkan keuntungan yang lebih banyak, ya. 

2. Rutin Lakukan Investasi

Strategi lainnya yaitu rutin melakukan investasi setiap bulannya. Tak hanya pada satu instrumen investasi saja, tapi pada beberapa instrumen investasi. Misalnya, saham, reksa dana, obligasi, dan lain sebagainya. Dengan demikian, maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi. 

3. Pilih Jenis Investasi yang Sesuai

Seperti diketahui, saat ini, ada banyak instrumen investasi yang bisa Anda pilih sebagai tempat berinvestasi. Agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal, termasuk mendapatkan manfaat dari efek compounding ini,  maka pilihlah instrumen investasi yang sesuai dengan risiko toleransi yang Anda punya.

4. Ciptakan Investasi yang Rendah Risiko

Yang terpenting adalah ciptakan investasi yang rendah risiko, namun berpotensi menghasilkan keuntungan yang tinggi atau dikenal dengan istilah low risk, high return. Dengan demikian, maka Anda tidak akan mendapatkan kerugian setelah berinvestasi. 

Demikian penjelasan singkat mengenai efek compounding dan strategi investasi yang bisa diterapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya! 


Load disqus comments

0 comments